Cara Copy / Salin Katalog Dengan Menu Peer To Peer (P2P) Pada SliMS



Kegiatan katalogisasi adalah bagian terpenting pada proses pengolahan sebuiah koleksi perpustakaan, karena dengan katalogisasi yang baik akan mempermudah pula baik bagi pengguna dan petugas dalam menemukan kembali.
Pada perpustakaan konvensional kegiatan ini sudah dipastikan memerlukan waktu dan tenaga yang lebih dibanding dengan yang sudah menggunakan sistem terkomputerisasi. Namun demikian dengan berkembangnya teknologi sudah diciptakan beberapa sarana untuk memperlancar kegiatan tersebut, sebagai contoh saat ini untuk proses klasifikasi dengan Dewey sudah ada E-DDC versi digitalnya dengan bahkan lengkap dengan menu pencariannya.

Baca Juga : 

> Mengelola Buku Paket Dengan SLiMS


Bagi teman – teman yang sudah menggunakan SliMS sebagai aplikasi otomasinya dalam kegiatan pengkatalogan ini dapat menggunakan salah satu menu yang disebut Peer To Peer (P2P) untuk menyalin / copy katalog yang sudah ada di perpustakaan yang sudah daring. Saya biasa menyalin dari Katalog Perpustakaan Kemdikbud, berikut link katalog daringnya : http://katalog.kemdikbud.go.id/
Nah apa syarat dan bagaimana cara menggunakan fitur ini , mari kita simak.


  1. Pertama pastikan Perpustakaan teman – teman menggunakan SliMS dan Perpustakaan target juga menggunakan SliMS.
  2. SliMS pada Perpustakaan target di pengaturan OPAC sistemnya di enable kan. Ini bisa kita cek dengan mencoba apabila pada detail XML bisa maka dipastikan sudah enable begitu sebaliknya.
  3. Pastikan juga kedua server yang terpasang SLIMS ini saling terhubung.
  4. Dan jangan lupa atur juga pada menu P2P di SliMS kita dengan mengisikan alamat URL Perpustakaan target.  Untuk mengatur perpustakaan target agar tercantum kedalam daftar maka kita perlu menambahkan alamat URL target.
Caranya sebagai berikut :
Setting pada aplikasi,


  1. Pada SliMS kita silahkan cari file sysconfig.inc , buka dan cari script Peer to peer server config. Gunakan fasilitas ctrl+f, ketik p2p untuk mempermudah menemukan.
  2. Setelah itu ganti 127.0.0.1/slims7_cendana dengan alamat URL perpustakaan target, sebagai contoh http://katalog.kemdikbud.go.id/ .
  3. Ganti nama SLiMS Library sesuai nama perpustakaan target misalnya untuk alamat diatas Perpustakaan Kemdikbud.
  4. Setelah selesai jangan lupa simpan.
Penggunaan :
  1. Masuk ke menu admin, login sesuai user dan password yang kita gunakan.
  2. Masuk pada menu Bibliography lalu ke submenu Salin Katalog
  3. Pilih Layanan P2P klik.
  4. Setelah muncul kotak pencarian maka kita tinggal ketikkan kata kunci sesuai buku yang ingin kita beri katalog, sebagai contoh saya mencari dengan kata kunci “paderi” maka pada list dibawahnya akan muncul semua yang terkait dengan kata yang saya cari.
  5. Daftar tersebut bisa muncul sesuai dengan keberadaan katalog yang kita hubungi. Lalu setelah kita menemukan yang kita maksud tinggal kita centang pada ceklist sisi kanan judul koleksi.
  6. Langkah terakhir adalah kita menyimpan ke Database kita dengan mengklik Save P2P Records To Database dan selesai.

Sampai pada proses ini sebenarnya kita belum benar – benar selesai, namun kita masih harus memasukkan ID eksemplar, no. Inventaris dan pastinya jumlah ketersediaan yang kita miliki di perpustakaan tersebut. Namun setidaknya sudah membantu kita untuk proses entri data bibliografisnya sesuai klasifikasi yang sesuai.

Baiklah demikian sekedar berbagi dari saya semoga bermanfaat, terima kasih.

Wassalam


Protected by Copyscape

Subscribe to receive free email updates: