Cara Mudah Screenshot Layar Monitor Dengan Fitur Bawaan Windows

Cara Mudah Screenshot Layar Monitor Dengan Fitur Bawaan Windows – Screenshot merupakan aktivitas memotret tampilan layar. Pada pengguna perangkat komputer PC atau laptop dengan OS Windows sebenarnya sudah disediakan aplikasi bawaan untuk melakuka hal ini.

Cara Mudah Screenshot Layar Monitor Dengan Fitur Bawaan Windows


Sebagaimana pengguna smartphone android, di perangkat komputer juga telah disediakan tombol khusus atau kombinasi tombol tepatnya untuk dapat menggunakan fasilitas ini.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara khusus tentang cara menggunakan fitur yang ada pada windows untuk melakukan screenshot.

Singkatnya kita akan menggunakan fasilitas berikut : 
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Pada Keyboard
  2. Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows (Snipping Tool)


Baik, langsung saja kita bahas satu persatu bahasan berikut cara menggunakan fitur – fitur tersebut.

Pertama,
Menggunakan Tombol PrtSc.
Sesuai dengan tulisan yang tertera pada keyboard, PrtSc adalah singkatan dari Print Screen yang artinya yaitu kita mencetak layar. Lalu bagaimana kita menampilkan hasil cetakan layar tersebut. Caranya yaitu cukup kita menempelkan atau istilahnya kita pastekan ke dalam aplikasi pengolah gambar yang tersedia. Karena kita menggunakan windows tentu secara bawaan sudah tersedia aplikasi pengolah gambar Paint sebagai media menampilkan hasil tangkapan layar kita. 
Berikut caranya : 
  1. Tentukan objek yang akan kita screenshot
  2. Tekan tombol PrtSc (pada setiap perangkat menerapkan ketentuan berbeda, kadang perlu menekan kombinasi beberapa tombol + tombol PrtSc) Contoh : Fn+PrtSc, Ctrl+PrtSc da nada juga yang hanya dengan menekan PrtSc.
  3. Selanjutnya buka aplikasi pengolah gambar yang tersedia (contohnya : Paint).
  4. Pastekan hasil tangkapan layar / screenshot kita tadi dengan mengklik menu Paste.
  5. Setelah tampil tinggal kita simpan hasil tangkapan tersebut dengan format yang kita inginkan. Misalnya : PNG, JPG, BMP dan sebagainya sesuai keinginan kita. Gampang bukan ?

Kedua,
Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows (Snipping Tool)
Nah jika pada cara pertama kta harus menggunakan 2 (dua) aplikasi untuk menampilkan hasil tangkapan (screenshot) kita, pada cara yang kedua ini kita cukup menggunakan 1 (satu ) aplikasi saja sebagai aplikasinya. 
Berikut caranya : 
  1. Klik pada menu Windows lalu ketikkan kata snipping maka akan tampil sebuah aplikasi dengan nama Snipping Tool.
  2. Klik untuk memulainya, atau saya biasa mengklik kanan dan memilih Run As Administrator. Ini akan meminimalisisr error yang mungkin terjadi pada aplikasi yang terinstall pada windows kita.
  3. Setelah aplikasi terbuka tentukan obyek yang akan kita screenshot lalu pilih menu New pada aplikasi Snipping Tool untuk memulai mengambil gambar. Atau kita dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl+N.
  4. Lihat hasil pada aplikasi Snipping Tool, maka hasil tangkapan layar sudah Nampak pada layar aplikasi tersebut.
  5. Simpan hasil tangkapan dengan menu Save pada aplikasi, atau kita gunakan kombinasi Ctrl+S. Lalu kita akan diarahkan pada folder dimana kita akan menyimpan hasil tangkapan tersebut. Pada langkah ini kita juga akan diberi opsi untuk memilih format gambar yang akn disimpan pakah sebagai PNG, GIF atau JPEG.
  6. Jika kita ingin mengedit gambar yang kita screenshot maka pada aplikasi ini juga terdaat menu yang kangsung terhubung dengan Paint, jadi kita dapat langsung mengeditnya pada aplikasi tersebut.


Hal yang perlu di ketahui pada aplikasi Snipping Tool ini adalah mode pengambilan gambar. Perhatikan pada bilah menu utama maka terdapat salah satu menu Mode, menu ini memberi kita pilihan model pengambilan gambar sesuai keinginan kita.
  1. Mode Free-from Snip : Mode dimana kita dapat menentukan bentuk tangkapan sesuai dengan kemauan kita.
  2. Mode Rectangular Snip : Mode kotak dengan menyesuaikan panjang dan lebar saja.
  3. Mode Window Snip : Mode ini memungkinkan kita memotret pada jendela layar yang kita inginkan.
  4. Mode Full-screen Snip : Sesuai namanya mode ini dapat kita gunakan dalam mengambil tangkapan secara layar penuh.


Demikian Cara Mudah Screenshot Layar Monitor Dengan Fitur Bawaan Windows. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam menyebutkan nama atau istilah. Sekian.

Subscribe to receive free email updates: