Reset Password SLiMS

Assalamu'alaikum wr. wb

Pembaca yang budiman, pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana jika suatu ketika kita lupa password dan tidak bisa login ke SLiMS. Hal ini juga dimungkinkan ketika pindah tempat tugas yang mana petugas lama lupa memberi tahu kita akan user dan password SLiMS tersebut.
Dan bagi sahabatku yang tidak mengalami hal ini, mungkin dapat sekedar dijadikan sebuah pengetahuan. Baiklah tanpa berpanjang lebar langsung saja kita mulai.
  • Pertama yang akan kita lakukan adalah masuk ke database SLiMS kita. Caranya masuk ke phpmyadmin melalui web browser kita dan tuliskan alamat : http://localhost/phpmyadmin
Masuk ke database SLiMS
  •  Kedua, cari database mana yang akan kita reset passwordnya, sebagai contoh pada gambar diatas yang sebelah kiri saya akan memilih database dengan nama 9a, artinya saya akan merubah atau mereset password atau mungkin merubah username database dengan nama 9a.
Tampilan tabel database yang akan kita reset


  •  Selanjutnya carilah tabel dengan nama "user" seperti nampak pada gambar diatas lalu klik, dan akan tampil seperti dibawah ini.
Tampilan tabel user setelah di klik

  •  Dan langkah terpenting adalah, lihat kolom yang berisi kata tak beraturan yang terdiri dari huruf dan angka (lihat gambar dibawah), hapus lalu ganti dengan password sesuai keinginan kita. Sekedar mengusulkan, sebaiknya gunakan kata yang mudah di ingat saja agar kita tidak mudah lupa lagi. dan setelah kita ganti dengan password yang baru silahkan klik pada tombol "GO". Selesai, silahkan coba login kembali dengan user dan password  yang baru. Lakukan refresh bila mana perlu.
Selesai

Demikian sedikit mengulas sepanjang pengetahuan penulis, semoga bermanfaat.

Wassalam

Subscribe to receive free email updates: