Mengatasi Error Laptop "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key"

Mengatasi Error Laptop "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key" . Jenis error ini termasuk error yang gampang  - gampang susah, pasalnya dengan pesan seperti itu hal yang paling mungkin adalah tidak adanya proses booting dari media penyimpanan dalam hal ini hardisk dengan OS yang terpasang.

Mengatasi Error Laptop "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key"
"No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key" 


Dengan demikian, bisa dimungkinkan diantaranya sebagai berikut : 
1. Hardisk tidak terpasang sempurna, jadi tidak dapat terbaca.
2. Hardisk terpasang namun file Operating System nya cacat atau biasa disebut corupt.
3. Hardisk terpasang sempurna, OS terinstall akan tetapi dalam kondisi rusak secara fisik.

Nah, untuk memastikan situasi dan kondisi hardisk laptop kita adalah dengan melihat pada BIOS System. Adapun cara memasuki menu BIOS adalah dengan mematikan laptop kita terlebih dahulu. Karena posisi laptop kita dalam kondisi error dengan pesan "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key"  maka kita harus mematikan dengan cara paksa, tekan tombol power yang tersedia pada laptop .

Nyalakan kembali dengan tombol yang sama lalu tekan F2/Esc/Del. Ini akan berbeda pada setiap laptop, dimungkinkan juga tidak menggunakan tombol tersebut, sesuaikan dan pastikan masuk ke menu BIOS.

Setelah masuk pada BIOS System silahkan lihat pada menu utama akan terlihat detail informasi apakah hardisk laptop kamu terdeteksi / terbaca atau tidak. Jika terbaca biasanya akan menunjukkan merk produk hardisk tersebut, akan tetapi apabila tidak terbaca maka akan muncul informasi "None".

Nah dari informasi inilah pangkal kita menganalisis sekaligus proses evakuasi selanjutnya terhadap laptop kita yang terjangkit error dengan pesan No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key. Mari kita coba selesaikan masalah nya !

Cara Pertama, setelah kita pastikan hardisk kita tidak terbaca dengan pesan "None", maka kita bisa coba cek secara fisik hardisk kita. Buka case laptop kita pada bagian belakang untuk memastikan setiap jumper kabel yang berhubungan dengan hardisk terpasang dengan benar. Gunakan peralatan standart seperti obeng dan peralatan pendukung lainnya untuk mempermudah membuka casingnya. Pastikan pula seluruh komponen yang berada disekitar hardisk bahwa tidak mempengaruhi kinerja hardisk kita.

Setelah dirasa cukup coba pasang dan nyalakan kembali apakah komputer / laptop kita sudah normal kembali. Jika sudah berhasil kita bisa mengembalikan kondisi dan posisi ke awal semula, namun apabila masih belum terkondisikan maka gunakan cara selanjutnya.

Cara kedua,  bisa dicoba dengan menginstall kembali Operating System nya. Ada kalanya ada file sistem corupt  karena adanya gangguan virus atau kesalahan yang tidak disengaja / tidak disadari, sehingga mengakibatkan OS tidak dapat berjalan dengan baik. Jika hardisk terpasang dengan baik lalu ketika mencoba di install ulang gagal maka gunakan cara yang terakhir.

Cara Ketiga, ini adalah cara terakhir jika cara pertama dan kedua sudah tidak dapat lagi diterapkan. Ganti hardisk pada laptop tersebut dengan hardisk yang baru, atau mungkin juga dapat di coba dengan mencoba meminjamkan hardisk pada komputer yang lain.

Cara - cara tersebut kita lakukan adalah ketika kita mendeteksi kerusakan pada hardisk. Akan tetapi ada kalanya kerusakan tersebut justru pada kabel penghubung hardisk ke mainboard. Bisa juga kerusakan terjadi pada jumpernya yang patah. 

Kesimpulannya adalah jenis error tersebut biasanya berkaitan dengan tidak terbacanya Operating System yang terinstall pada media penyimpanan lokal yaitu hardisk. Dari sini silahkan teman - teman pelajari pada bagian mana yang terlihat tidak wajar.

Demikian ulasan singkat terkait cara mengatasi error pada laptop dengan keterangan "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key" semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: