Tips Mengatasi Rasa Bosan Ketika Belajar Dirumah

Tips Mengatasi Rasa Bosan Ketika Belajar Dirumah.


Sekarang ini dunia sedang digemparkan dengan sebuah virus yang mengharuskan semua orang untuk tetap berada dirumah, ya virus ini disebut dengan virus corona (Covid  19). Meluasnya virus corona di Indonesia sekarang ini membuat pemerintah mengambil kebijakan dengan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi interaksi sosial (Social Distancing)  dengan bekerja dari rumah (Work From Home), belajar dari rumah dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan beribadah dari rumah.  


Tips Mengatasi Rasa Bosan Ketika Belajar Dirumah


Dengan kebijakan tersebut pemerintah mengajak seluruh masyarakat agar tetap berada dirumah masing-masing dan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.


Apa itu social distancing ?

Social distancing adalah mengurangi aktivitas berkumpul dan melakukan kontak fisik secara langsung dengan orang lain, suatu upaya pencegahan dan pengendalian agar infeksi virus corona tidak menyebar tanpa kendali atau dengan kata lain untuk memutus mata rantai penyebaran yang mungkin terjadi yaitu dengan membatasi orang untuk berkunjung ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain tersebut.

Namun, baru sebagian besar masyarakat yang menerapkan kegiatan tersebut. Masih banyak masyarakat terutama anak anak muda yang tetap saja keluar rumah contohnya nongkrong dengan teman-teman atau berkumpul tanpa mempedulikan himbauan tersebut.

Memang betul, dengan berada dirumah mungkin akan membuat sebagian orang terutama yang terbiasa bekerja, bertemu dengan orang banyak  menjadi sangat bosan. Oleh karena itu, ketika menjalani isolasi diri atau berdiam diri dirumah justru rentan dan memicu stress serta gangguan fisik maupun lainnya. Disisi lain kita juga harus menaati kebijakan pemerintah agar tetap dirumah agar virus ini tidak menyebar kemana mana.

Sebenarnya berada dirumah tidak akan membosankan jika kita pintar dalam mengatur waktu dan diri kita untuk selalu melakukankan yang positif, serta menjadikan kita bersemangat dalam menjalani isolasi dirumah agar terhindar dari virus corona tersebut.

Bagi kalian yang merasa bosan belajar dirumah, bekerja dan berolahraga di rumah, mungkin tips berikut dapat diterapkan agar semangat belajar, semangat kerja tetap tejaga dan tentu produktivitas kita selalu terjaga.


Berikut beberapa cara agar tidak bosan ketika belajar dirumah


Membaca

Bagi kalian yang sering menggangap membaca itu membosankan dan menghabiskan waktu yang lama, mungkin karena anda membaca tidak pada bacaan yang disukai. Nah untuk mengatasi hal ini bisa dirubah untuk bahan bacaan pada masa isolasi diri ini dengan membaca  bacaan yang disukai atau terkait hobi misalnya.



Mendengarkan musik

Sebagian orang tentu menyukai musik, dengan vocal yang pas dan nada yang enak didengar tak jarang membuat orang tidak sadar bahwa waktu berlalu ketika mendengarkan musik. Tidak terkecuali denan belajar, coba selingi waktu belajarmu dengan music pilihan kesukaanmu. Beberapa orang menganggap belajar sambil mendengarkan music dapat meningkatkan konsentrasi, namun tentu tidak berlaku umum. Ada yang beranggapan sebaliknya. Maka, jika anda bosan saat belajar mungkin tips yang ini boleh dicoba.


Makan

Semua orang pasti suka makan dan memiliki makanan kesukaan sendiri. Ketika rasa bosan sudah menyerang diri anda mungkin dengan makan makanan kesukaan akan menghilangkan bosan tersebut. Apalagi sekarang ini serba modern kita bisa memesan makanan dari rumah dengan harga yang miring dan tentunya sesuai selera. Lagi pula, dengan berhenti sejenak untuk makan, maka energy kita akan kembali terisi dan tentu tubuh akan bertambah fresh.


Istirahat atau Tidur

Untuk mengusir rasa bosan tidur mungkin menjadi salah satu tips mengubah suasana menjadi lebih baik lagi. Mungkin dengan masa yang sekarang ini tidur akan menjadi hal yang paling menyenangkan bagi mereka yang biasa bekerja dari pagi sampai malam. Tidak terkecuali dengan suasana belajar, kebosanan kadang timbul juga karena kondisi fisik yang lelah. Gunakan tips ini jika anda memang sudah merasa lelah saat belajar, istirahat juga akan membuat tubuh lebih fresh saat terbangun nantinya.


Memperdalam Hobi

Bagi mereka pehobi yang tidak harus keluar rumah, maka memperdalam hobi ini menjadi alternative paling menyenangkan dari sekedar istirahat dan makan. Hobi selalu menjadi obat bosan paling mujarab bagi saya. Maka dari itu bisa di terapkan untuk menyiasati kebosanan saat belajar.


Menciptakan Suasana Baru

Ada beberapa orang yang memang sudah memiliki kepribadian mudah sekali bosan. Karenanya kita sendiri harus pintar-pintar menciptakan suasana yang selalu baru dalam belajar. Belajar tidak melulu ditempat yang sama. Cobalah dengan teknik berpindah – pindah atau berhenti sejenak untuk merubah kondisi ruang belajarmu. Atau bisa juga dengan belajar diluar ruang jika memang dirasa perlu.

Demikian tulisan kali ini tentang Tips Mengatasi Rasa Bosan Ketika Belajar Dirumah semoga bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: