Usaha dan Doa Sebagai Langkah Dalam Menyikapi Virus Corona (Covid-19)

Usaha dan Doa Sebagai Langkah Dalam Menyikapi Virus Corona (Covid-19)


Apa itu Corona (Covid-19)

Virus Corona atau Covid 19 merupakan  virus yang pada awalnya ditemukan pada hewan. Badan kesehatan dunia atau WHO mengatakan bahwa virus corona ini sebagai pandemi yang menjadi masalah dunia, salah satunya Indonesia. 



Usaha dan Doa Sebagai Langkah Dalam Menyikapi Virus Corona (Covid-19)


Virus Covid-19 ini merupakan virus jenis baru dari virus corona yang pernah ditemukan terdahulu yang mulai mewabah di kota Wuhan China pada akhir tahun 2019 yang kemudian meluas hinga kurang lebih ke-100 negara di dunia.


Corona Menurut Pandangan Islam

Menurut pandangan Islam covid 19 ini merupakan bencana non alam yang berupa epidemi atau wabah. Epidemi merupakan kejadian berjangkitnya suatu penyakit yang berbahaya dan menular di masyarakat yang frekuensi penularannya sangat cepat  pada suatu daerah tertentu seningga dapat dikatakan sebagai bencana (di Indonesia di sebut Kejadian Luar Biasa (KLB) ).

Timbulnya penyakit ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Sehingga perlu adanya tindakan dari pemerintah agar masyarakat tidak panik akan tetapi tetap dalam kondisi waspada dan berperan aktif dalam pemberantasannya. 

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk meningkatkan kualitas kesehatan. 
Dan berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus corona atau covid 19 ini.

  1. Sering mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun
  2. Hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan
  3. Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit serta mengisolasi diri dirumah
  4. Menutup mulut ketika sedang batuk atau bersin dengan tisu atau menutup dengan melipat pergelangan siku kanan.
  5. Tetap menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun sekolah atau kantor tempat kerja.
  6. Menyediakan sarana cuci tangan lengkap dengan sabun dan tempat pembuangan sampah yang memadai.



Sikap Seorang Muslim Terhadap Pandemi Covid-19

Menyikapi epidemi yang tengah menjadi masalah dunia ini, sebagai seorang muslim ada beberapa hal yang wajib kita lakukan berkaitan dengan wabah ini. 
Berikut ini beberapa hal yang perlu kita lakukan sebagi seorang muslim dalam menyikapi Kejadian Luar Biasa ini.

Pertama,
Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah SWT.
Virus corona atau covid 19 ini adalah makhluk makhluk Allah yang tidak bergerak kecuali atas perintah dan izin dari Allah ta’ala yang telah menciptakannya. Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim harus senantiasa meminta perlindungan atas wabah ini dari yang maha kuasa. Berlindung kepada Allah bisa saja dilakukan dengan membaca doa doa pelindung yang bersumber dari Al Qur’an ataupun doa doa yang bersumber dari nabi Muhammad SAW.

Kedua,
Melakukan pencegahan dengan Berikhtiar kepada Allah
Selain berlindung kepada Allah, sebagai seorang muslim tentunya ketika kita dihadapkan dengan wabah ini kita harus berikhtiar dengan malakukan upaya-upaya dalam pencegahan virus ini agar tidar menular ke diri kita maupun orang lain disekitar kita. 

Ikhtiar dapat dilakukan dengan cara individu atau berjamaah yang keduanya harus melakukan langkah-langkah yang sudah dianjurkan oleh para ahli seperti rajin memcuci tangan, menghindari perkumpulan, makan makanan yang bergizi dan lain sebaginya yang bisa memutus rantai penyebaran penyakit. Dan bagi yang sudah terkena hendaknya mau mengisolasikan diri selama waktu tertentu agar tidak menularkan ke orang lain.

Ketiga,
Tawakal kepada Allah SWT
Selain berikhtiar kepada Allah, sudah sepantasnya semua ini kita serahkan kepada Allah SWT, karena semua apa yang ada di dunia ini adalah ciptaanya dan akan kembali kepadaNYA. Yakinlah bahwa hidup dan mati seseorang itu hanya ada ditangan yang maha penciptanya.

Keempat,
Yakin pasti ada jalan
Bila kita sedang dilanda suatu masalah, yakinlah pasti Allah tidak akan memberikan suatu masalah tersebut melebihi batas kemampuan hambanya. Karena Allah adalah sebaik baiknya maha penyembuh . dan yakinlah bahwa tidak mungkin Allah menurunkan suatu penyakit dengan tidak ada obatnya, pasti semua akan ada obatnya. 


Kesimpulan

Intinya adalah utamakan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan selalu berdoa supaya kita senantiasa dalam lindungan-Nya, serta masalah yang sedang kita hadapi bersama ini cepat terselesaikan.

Memang benar kita hanya menjalankan apa yang menjadi kehendak-Nya. Akan tetapi kita tetap harus berdo’a dan berusaha. Sekecil apapun usaha kita jika Allah meridhoi maka semua akan dapat teratasi.

Demikian tulisan singkat tentang Usaha dan Doa Sebagai Langkah Dalam Menyikapi Virus Corona (Covid-19).  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: