Langkah Melakukan Mutasi Peserta Didik dan PTK Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021

Salam Satu Data.

Sahabat operator dapodik, pada kesempatan ini saya akan mengulas berkenaan salah satunya pekerjaan kita selaku seorang OPS atau pengurus data sekolah yang merupakan pekerjaan yang penting untuk dikerjakan hingga mau tidak mau selaku seorang OPS, karena itu harus dipahami semua proses atau langkah dalam pekerjaan yang ada dalam program dapodik tersebut dengan menyesuaikan peraturan terbaru yang relevan.

Pekerjaan selaku seorang operator dapodik sekolah memang benar-benar berat, karena banyak data yang perlu di urus dimulai dari menginput data,membenahi data yang keliru dengan verval, tarik data peserta didik dan PTK pindahan, memutasikan data peserta didik dan PTK, memperbaharui data fasilitas dan prasarana sekolah dan ada banyak kembali yang lain yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

Beberapa macam pekerjaan selaku operator sekolah yang sudah saya sebut di atas hanya sebagai wakil dari segudang pekerjaan yang lain yang perlu di lakukan dengan seorang operator sekolah. Tetapi harus dan senang tidak senang pekerjaan itu harus ditangani dengan tulus supaya semua pekerjaan itu bisa dikerjakan dengan baik.

Pada pembahasan kesempatan ini saya pengin share berkenaan proses dan langkah untuk lakukan proses mutasi peserta didik atau perubahan guru atau PTK. Artikel ini saya buat supaya operator sekolah yang belum mengenali langkah memutasikan peserta didik atau PTK bisa mengenali dan pahami langkah memutasikan murid atau PTK di dapodik.

Sesungguhnya langkah lakukan perubahan murid atau peserta didik sama seperti dengan perubahan PTK, karena beberapa langkah dalam lakukan proses perubahan itu tidak berlainan alias sama, hingga kesempatan kali ini saya akan memberi keterangan berkenaan langkah perubahan murid di dapodik.

Sama seperti yang kita pahami jika sekarang ini dapodik sudah release Program Dapodik Versus 2021, tetapi pada step proses dalam melakukan perubahan peserta didik masih sama dengan program dapodik-dapodik tahun sebelumnya. 

Beberapa feature dalam program dapodik versi 2021 yang telah berbeda dengan program dapodik versus awalnya dalam pemakaiannya dan implementasi. Salah satunya misalnya ialah operator sekolah tidak dapat kembali cetak surat perubahan murid memakai program dapodik versus 2021 walau menu bikin surat perubahan murid itu masihlah ada tetapi pada realisasinya telah tidak akan dapat dikerjakan, disamping itu menu lebih PTK dan lebih peserta didik juga di nonaktifkan di program dapodik 2021.

Walau beberapa menu itu tidak dapat kembali dikerjakan di program dapodik 2021 tetapi bukan bermakna pekerjaan itu telah tidak akan dapat dikerjakan dengan seorang operator dapodik karena cara itu bisa dikerjakan di program dapodik 2021 namun berlainan dengan beberapa cara sebelumnya.

Baik sesuai judul posting kesempatan ini di mana saya akan menerangkan berkenaan bagaimanakah cara lakukan perubahan murid atau peserta didik di dapodik versus 2021. Untuk ulasannya silakan baca panduan berikut ini.

Supaya mudah di pahami akan saya sertakan gambar sebagai pelengkap keterangan dam mudah di mengerti.


1. Langkah awal silakan anda login ke dalam program dapodik sekolah anda.


2. Kemudian pada dasbor dapodik silakan tentukan menu "Peserta Didik" perhatikan gambar berikut dibawah ini

Langkah Melakukan Mutasi Peserta Didik dan PTK Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021
Menu Peserta Didik

3. Selanjutnya akan tampil beberapa nama peserta didik, selanjutnya tentukan salah satunya nama peserta didik yang anda mutasikan dan teruskan dengan mengeklik menu "Registrasi"

Menu Registrasi


4. Selanjutnya akan tampil penampilan lengkap halaman Registrasi lengkap seperti berikut ini

Langkah Melakukan Mutasi Peserta Didik dan PTK Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021
Form Registrasi Lengkap

5. Untuk lakukan perubahan /mutasi peserta didik scrool ke bawah hingga bisa nampak penampilan seperti berikut ini

  1. Pada kolom No. 1 silakan isikan dengan opsi "Mutasi"
  2. Pada kolom No. 2 silakan isikan dengan tanggal,bulan dan tahun waktu peserta didik akan di Mutasi
  3. Pada kolom No. 3 silakan isikan dengan opsi "Fakta / alasan peserta didik itu di mutasi"


6. Jika seluruh kolom sudah diisi secara benar karena itu teruskan dengan mengeklik "Save dan Tutup" Perhatikan gambar berikut ini

Langkah Melakukan Mutasi Peserta Didik dan PTK Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021
Form Registrasi Peserta Didik


7. Untuk memeriksa apakah peserta didik itu telah betul-betul di mutasikan, karena itu anda bisa memeriksanya dengan mengeklik kembali lagi menu peserta didik dan tentukan tulisan "PD KELUAR ".Jika nama murid/peserta didik itu tampil dengan posisi "Mutasi" bermakna peserta didik itu sudah sukses di mutasi. 

Contoh perubahan peserta didik jika sudah dimutasikan dapat di cek seperti pada gambar berikut ini.

Langkah Melakukan Mutasi Peserta Didik dan PTK Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021
Hasil Proses Mutasi


itu keterangan berkenaan langkah gampang dalam lakukan perubahan murid dalam program dapodik.Lantas bagaimanakah cara untuk dapat lakukan perubahan PTK di program dapodik ????Untuk lakukan perubahan pada PTK triknya sama dengan lakukan perubahan murid di atas yakni silakan anda click nama PTK yang akan di perubahan selanjutnya turuti beberapa langkah seperti pada atas.


Demikian langkah yang bisa saya terangkan pada posting kesempatan ini, mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk beberapa operator sekolah yang membutuhkan info tentang langkah perubahan murid dan PTK di dapodik.


Subscribe to receive free email updates: