Macam Administrasi Perpustakaan Sekolah Untuk Persiapan Lomba

Ada rekan pustakawan yang menanyakan mengenai Administrasi Perpustakaan.

Jika lomba perpustakaan kan ditanya mengenai administrasinya. Apa sajakah administrasi perpustakaan untuk lomba itu? 

Macam Administrasi Perpustakaan Sekolah Untuk Persiapan Lomba


Nah, sebelumnya membicarakan Lomba Perpustakaan. Bicarakan dahulu mengenai Kelaikan Perpustakaan. Apakah memang sudah layak dan pantas mengikuti lomba.


Pada umumnya pemahaman administrasi ialah seluruh proses pengaturan kerja sama dari sekumpulan orang dengan memakai sarana dan peralatan yang ada untuk membuat lancar dan mengefisienkan perolehan arah dari satu organisasi. Kepala Perpustakaan Sekolah bertanggungjawab langsung ke Kepala Sekolah.


Yakinkan Perpustakaan nya Pantas Dikatakan Perpustakaan


Kehadiran Perpustakaan Sekolah harus memberi kenyamanan murid dalam cari info di perpustakaan. Kenyamann itu berbentuk pustakawan yang pintar dan ramah , koleksi perpustakaan yang komplet , tata ruangan yang cantik.Jadi Turut lomba perpustakaan tidak cukup menyediakan kertas kertas administrasi


Dan pasti nya Kepala Sekolah harus hukum nya menyuplai keperluan perpustakaan, dimulai dari gedung perpustakaan, furniture perpustakaan, buku / koleksi perpustakaan, ongkos training ke pustakawan, ongkos listrik / internet di perpustakaan, perlengkapan dan peralatan perpustakaan. Jadi saat sebelum turut lomba perpustakaan bahas dahulu pada Kepala Sekolah "Pantas kah perpustakaan nya disebutkan perpustakaan ? atau sekedar hanya gudang buku ? "


Dalam makna sempit administrasi ialah catatan yang berbentuk helaian helaian / buku yang berisi beberapa data aktivitas lembaga.


Macam Administrasi Perpustakaan

Di bawah ini ialah administrasi perpustakaan yang sebaiknya diterapkan. silakan didesain menurut kepentingan dan permintaan juri dengan mengacu instrumen penilaian.


  • Kartu Anggota, ini sudah dapat dicetak melalui aplikasi SLiMS
  • Kartu Buku . Secara standar tidak ada. Akan tetapi anda dapat menambah sendiri, saat ini sudah tersedia pluggin kartu buku pada SLiMS.
  • Kartu Slip Buku, ini juga sudah dapat ditambahkan sebagaimana Kartu buku
  • Daftar Buku (Katalog), jelas klau ini pasti ada di SLiMS. Walau telah menggunakan OPAC jika maju lomba maka wajib hukumnya membuat daftar buku (Katalog) dan lemari katalog.
  • Formulir Keanggotaan Perpustakaan, 
  • Formulir Pesanan Buku , berbentuk buku / formulir pesanan buku yang dibutuhkan murid
  • Formulir Buku Induk Perpustakaan , ini juga dapat di cetak dari SLiMS. Jika pada aplikasi anda belum tersedia maka tinggal tambahkan saja sudah tersedia pluggin buku induk ini.
  • Formulir Buku Lawatan/Kunjungan Perpustakaan , tinggal cetak saja jika sobat mengguakan SLiMS.
  • Formulir Permintaan Fotocopy Koleksi , berbentuk formulir surat pernyataan murid untuk meminjam buku rujukan.
  • Formulir Penggunaan Koleksi Audio Visual.
  • Formulir Pemanfaatan Layanan.
  • Diagram Laporan Kunjungan dan Peminjaman.
  • Formulir Administrasi Perawatan Buku Perpustakaan.
  • Formulir Laporan Keuangan Perpustakaan
  • Formulir Laporan Daftar Kunjungan 
  • Formulir Laporan Daftar Peminjaman Koleksi , dapat di ambil dari SLiMS
  • Rekap Peminjaman Koleksi , ini juga dapat diambil dari SLiMS. 
  • Tata Tertib Perpustakaan
  • Struktur Organisasi Perpustakaan lengkap dengan deskripsi dan uraian tugas nya.


Sebaiknya teman-teman yang mengikuti lomba sudah menggunakan aplikasi sebagai managemen kelolanya. Selain menambah nilai plus ini tentu juga akan membantu kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan mudah tanpa berfikir seperti apa formatnya. 

Kita juga dapat menyingkat waktu dengan aplikasi dalam hal pembuatan berbagai laporan, maksudnya adalah kita dapat menfilter sesuai permintaan laporan kita diminta berapa bulan kah, triwulankah atau semester dan tahunan tidak masalah.


Jika teman-teman menganggap Tim Juri lomba Perpus nya kuno , maka sebenarnya saya anggap anda salah. Karena perpustakaan memang mengakomodir semua hal dari yang bersifat kuno, antik sampai yang modern seperti sekarang ini. Bahkan dari hal-hal yang manual sampai digital, ini biasa. Semua bisa di atur dengan bantuan aplikasi kok.

Tips lainnya adalah biasakan disiplin membuat administrasi secara lengkap dan berkala. Jangan tunggu sampai perpustakaan kamu ikut lomba baru dilengkapi, bahkan sampai di kebut untuk target yang begitu banyak, ini tentu akan sangat melelahkan dan tidak maksimal dari segi hasil.

Seringlah juga mengadakan study banding ke perpustakaan lain untuk mendapatkan inspirasi baru sehingga dapat diterapkan di perpustakaan kita.


Demikian sekilas tentang administrasi perpustakaan saat menghadapi lomba. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: