Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Login SIM PKB

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Login SIM PKB - Info GTK merupakan sebuah halaman web yang menayangkan sejumlah data diri seorang pendidik dalam hal ini guru, sesuai kondisi nyata di unit kerja masing - masing menurut entrian pengelola data pada aplikasi yang secara resmi di rilis oleh Kemdikbud yaitu Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Login SIM PKB





Untuk dapat melihat Info GTK ada beberapa cara yang dapat kita lakukan.


Pertama jika status kita sebagai guru maka kita dapat menggunakan user SIM PKB untuk melihat Info GTK, selain itu guru juga dapat melihat melalui halaman resmi Info GTK Kemdikbud yang beralamat di:  http://info.gtk.kemdikbud.go.id/  dengan menggunakan NUPTK atau Akun PTK yang sudah di buat di aplikasi Dapodik.

Kedua jika kita adalah seorang operator sekolah atau pengelola data sekolah maka kita dapat menggunakan username Dapodik kita melalui halaman manageman dapodik yang beralamat di: https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ .



Berikut saya sampaikan cara mengecek Info GTK melalui akun Operator Dapodik di halaman Info GTK Kemdikbud.


Pertama :

Kunjungi dan login ke halaman manajemen dapodik yang beralamatkan di laman berikut : https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Setelah muncul halaman login, masukkan username dan password Dapodik anda. Perhatikan gambar dibawah ini !

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Login SIM PKB
Halaman Login managemen Dapodik



Kedua :


Setelah masuk kedalam halaman managemen dapodik selanjutnya kita bisa memilih menu KELOLA DATA POKOK dan kita akan di bawa ke halaman baru dengan tampilan menu yang lebih komplit yang meliputi : Sekolah, Prasarana, Guru dan Tendik, Rombel dan Peserta Didik. Pada menu ini silahkan pilih menu Guru dan Tendik. Nah disinilah akan muncul daftar PTK yang ada di aplikasi dapodik sebagaimana terinput.



Ketiga :


Pilih PTK yang akan di cek Info GTK nya dengan menggeser list tersebut sampai bagian sebelah paling kanan muncul nama tabel biodata, lalu pilih tombol pada bawah nama tabel tersebut.

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Login SIM PKB
Halaman Sub Menu Guru Dan Tendik



Keempat :


Langkah selanjutnya akan muncul daftar biodata PTK yang terpilih tadi kedalam halaman baru. Nah pada halaman identitas inilah tepatnya dibagian paling bawah biodata terdapat menu Info GTK. Kita tinggal klik menu tersebut dan kita akan dibawa ke halaman baru untuk mengetahui Info GTK dari PTK tersebut.

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Login SIM PKB





Demikian cara cek Info GTK dengan cepat tanpa login SIM PKB dari akun guru satu per satu. Ini tentunya kan memudahkan beban kerja Operator Sekolah sebagai pengelola data untuk mengecek hasil entri yang sudah dilakukan pada aplikasi Dapodik di setiap sekolah masing - masing.




Mengetahui validitas data lebih awal tentunya akan mengurangi resiko kesalahan yang mungkin saja terjadi dari salah ketik atau kesalahan vatal lain yang mungkin bisa terjadi. Karenanya mencocokkan data di Info GTK dengan Profil GTK adalah langkah awal mengetahui validitas data kita.




Segala perubahan mungkin bisa terjadi pada halaman yang saat ini saya ulas. Akan tetapi setidaknya sampai saat ulasan ini saya tulis masih dapat saya pakai untuk mempermudah pekerjaan kita sebagai Operator.




Sekian, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: