Cek Info GTK Mandiri, Sikap Peduli Validitas Data Personal Guru

Cek Info GTK Mandiri, Sikap Peduli Validitas Data Personal Guru - Info GTK merupakan halaman yang menampilkan data guru secara rinci. Data yang ditampilkan adalah hasil dari sinkronisasi data entrian pengelola data di masing - masing sekolah melalui aplikasi Dapodik. 

Pada Info GTK juga nantinya akan ditampilkan status validitasnya, karena pada tiap data secara langsung akan diverifikasi oleh lembaga terkait. Sebagai contoh untuk data kepegawaian akan di verifikasi oleh BKN, begitu juga dengan data lainnya NUPTK, NIK, termasuk status data penetapan aneka tunjangan. 

Guru dapat secara mandiri melihat halaman tersebut melalui website resmi yang tersedia. Dalam hal ini bisa menggunakan 2 cara yaitu : 
  1. Melalui SIM Guru Pembelajaran Online
  2. Melalui Halaman Info GTK Kemdikbud
Untuk cara yang pertama kita perlu login ke halaman SIM Guru Pembelajar Online . Gunakan akun dan password yang telah dimiliki, jika belum memiliki dapat menanyakan kepada Ketua Pokja MGMP Mata Pelajaran masing - masing. 

Cek Info GTK Sebagai Kegiatan Sadar Data Diri Guru

Setelah berhasil login maka anda dapat langsung gulir kebawah dan cari menu yang bertuliskan "Layanan Info GTK" , dari menu tersebut akan dibawa ke tautan info GTK masing - masing guru. Silahkan cek dan ceermati data diri anda, apabila terjadi ketidaksamaan data antara yang tampil di info GTK dan data pribadi dapat diperbaiki melalui aplikasi Dapodik oleh pengelola data sekolah masing- masing.


Sedangkan untuk cara yang kedua yaitu dengan mengakses langsung halaman Info GTK Kemdikbud yang berada pada link : http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ . Untuk cara yang kedua ini pada tahun 2019 di sediakan 2 pilihan yang bisa kita gunakan untuk login dan mendapatkan informasi data diri kita yaitu  yang pertama kita bisa menggunakan opsi NUPTK dan Akun PTK.
Cek Info GTK Sebagai Kegiatan Sadar Data Diri Guru

Jika kita menggunakan pilihan NUPTK maka kita bisa menggunakan tanggal lahir sebagai passwordnya dengan format YY/MM/DD, maksudnya secara urut kita diminta memasukkan password dengan format tahun dahulu baru bulan dan tanggal tanpa spasi ataupun tanda penghubung. Sebagai contoh jika tanggal lahir 29 September 1980 maka penulisannya yaitu : 19800929. Setelah itu pilih semester dan jangan lupa masukkan kode gambar yang ada. Klik Login dan halaman info gtk anda akan muncul.
Sedangkan akun PTK merupakan akun yang telah dibuat pada aplikasi Dapodik. Untuk akun PTK ini bisa menanyakan pengelola Dapodik masing - masing sekolah. Ini membutuhkan akun email yang valid untuk bisa dibuatkan pada menu penugasan.

Yang menjadi point penting pada kegiatan ini adalah sebaiknya guru selalu mengecek secara berkala kegiatan updating data yang dilakukan oleh pengelola data pada setiap semester berjalan, hal ini akan mengurangi kemungkinan kesalahan data yang dientri, selain itu juga membantu tugas pengelola data disekolah. 

Bukankah data kita adalah milik kita, mari biasakan diri untuk sadar data.
Dengan mengecek lebih awal berarti mendeteksi lebih awal apabila terjadi kesalahan data. Berarti akan memiliki kesempatan yang lebih dalam proses revisinya.

Demikian tulisan saya kali ini tentang Cek Info GTK Mandiri, Sikap Peduli Validitas Data Personal Guru. Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila tedapat kesalahan dalam menyeutkan kata dan istilah. Sekian, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: