Cara Atur Chat Di WhatsApp Untuk Hemat Memori

Chating memang asik, apalagi dengan aplikasi yang bisa saling berkirim gambar, video, bahkan bisa untuk saling video call. Tapi siapa sangka dengan seringnya lalu lintas pengiriman gambar maupun video tadi, ternyata secara tidak langsung menambah beban memori pada aplikasi dan berlanjut pada android kesayangan kita.

Ini biasanya ditandai dengan mulai melambatnya kinerja android lalu baterai yang terasa lebih cepat panas dan akhirnya kalau kita terus paksakan bisa berakibat perangkat android kita akan cepat rusak. Lha terus bagaimana, apakah harus reset lagi perangkat. Atau hapus lalu pasang lagi aplikasi whatsapp kita ?

Tenang ... Ada kok tips sederhana khusus pada whatsapp agar dengan kuantitas chat yang begitu banyak, dengan group yang tingkat aktivitasmnya tinggi akan tetapi tidak membebani memori internal kita. Bahkan untuk android dengan RAM kecil sekalipun.

Bagaimana caranya ?
Sabar .... sabar .....  ini juga baru mau mulai.

  1. Langkah pertama tentu kita masuk ke aplikasi whatsapp kita masing - masing.
  2. Pada menu CHAT | STATUS| PANGGILAN pilihlah menu Chat
  3. Setelah itu akan muncul daftar chat yang pernah kamu lakukan. 
  4. Pilih salah satu group yang menurutmu aktifitas nya paling tinggi dengan frekuensi saling kirim gambar dan video paling banyak.
  5. Masuk kedalam chat pilih atau tekan pada subjek group atau judul tersebut. 
  6. Setelah muncul deskripsi group tersebut mengenai media, pengaturan notifikasi dan anggota disitu ada satu menu lagi yaitu Visibilitas Media klik untuk memgaturnya. 
  7. Dan langkah terakhir adalah memilih "Tidak" pada opsi yang muncul di popup ini. 
Penjelasannya adalah sebagai berikut :
Jika kita tidak menyetelnya maka secara bawaan (default) semua media baik itu gambar maupun video yang ada di group kita akan tersimpan diperangkat android kita.

Jika kita memilih iya, ini artinya sama dengan menyetujui pengaturan oleh pabrikan yaitu tersimpan juga di perangkat.

Jika kita memilih Tidak, maka semua media yang ada digroup maupun chat personal tidak akan otomatis tersimpan di media penyimpanan perangkat. Akan tetapi tetap bisa kita lihat jika menginginkannya.


Nah demikian tips singkat menghemat memori internal android kamu. Jangan lupa rajin - rajinlah membersihkan riwayat chat yang sudah menggunung ya teman. 
Dengan tips sederhana tersebut, yakin memori kita akan stabil dan aman. Demikian semoga bermanfaat ya teman - teman. 

Subscribe to receive free email updates: