Tips Membaca Yang Menunjang Sukses Karir Anda

Tips Sukses Membaca Sesuai Karir - Awali suksesmu dengan mulai gemar membaca. Siapapun pasti setuju bahwa dengan rajin membaca tentu kemampuan literasi seseorang akan meningkat. Literasi disini saya anggap sebagai kemampuan menyelesaikan segala urusan yang terkait dengan dirinya sendiri secara mandiri. Artinya, bisa menyelesaikan urusannya sendiri secara mandiri dengan baik tanpa masalah dan hasilnya baik itu dinamakan literer.

Lalu membaca yang bagaimana yang bisa membuatmu sukses dan literer. Sebelum kita bahas ke situ harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa sesungguhnya dalam kehidupan manusia itu ada tiga hal besar yang harus di capai untuk bisa di bilang sukses.


Sukses membaca

Pertama, orang akan dibilang sukses ketika sudah mencapai pada karier tertentu dengan penghasilan berupa materi yang cukup. Dalam hal ini berarti sukses dikaitkan dengan yang namanya materi dan pastinya penilaian ini dari luar diri kita. 

Kedua, sukses itu ketika seseorang melakukan pekerjaan sesuai dengan kesenangan, hobi atau bidang yang ditekuni dan berhasil. Ini adalah sukses yang sifat penilaiannya dari diri seseorang itu sendiri. Puas melakukan sesuatu meskipun belum tentu mendapatkan hasil secara materi.

Ketiga, adalah kombinasi dari yang pertama dan kedua. Dengan kata lain sukses yang ketiga adalah ketika seseorang itu dinilai orang lain sukses dan memang seseorang tersebut merasakan kesenangan dengan hasil yang mereka dapatkan tersebut.

Nah berkaitan dengan kriteria sukses diatas maka dalam membaca juga harus memperhatikan tiga hal tersebut. Setidaknya dalam kehidupan manusia wajib membuat kriteria sebagai berikut :
  1. Membaca buku yang terkait dengan hobi
  2. Membaca buku yang berkaitan dengan karier yang diinginkan
  3. Membaca kitab suci dan buku - buku sejarah. 

Membaca berdasarkan hobi, kenapa ? Karena jika sesorang sudah suka dengan sesuatu maka keinginan dan rasa ingin tahu nya pun juga tinggi. Ini baik sekali, seseorang akan selalu mencari hal - hal terkait dengan apa yang menjadi kesenangannya tanpa harus disuruh - suruh. Mereka juga akan secara inovatif mengembangkan apa yang sudah dia dapat untuk hal baru. Membaca pastinya akan menjadi momen yang mereka nantikan juga.

Seseorang hendaknya memulai karier dari awal dengan mempersiapkan diri dari bacaan - bacaan yang sesuai keinginannya. Sesuaikan dengan jenjang usia mereka dan lakukan secara terus menerus secara bertingkat. Jika sudah menguasai satu hal maka hal terkait yang relevan harus dipelajari lagi begitu seterusnya.
Ini juga akan mempermudah pemilihan buku bacaan, jadi meskipun banyak buku bacaan akan tetapi tetap memiliki prioritas bacaan apa yang ingin didalami.

Selanjutnya, membaca buku - buku sejarah dan kitab sesuai keyakinannya. Membaca sejarah akan menjadikan seseorang bijak dalam menentukan sikap. Orang yang minim membaca sejarah akan membuat keputusan yang asal dan berbahaya. Jika ditambah dengan buku - buku dari kitab suci mereka maka seseorang akan dipastikan mempunyai ketelitian dan kebijaksanaan yang terukur sesuai penguasaanya terhadap sejarah dan kitab suci yang mereka pelajari.

Dengan menerapkan tips membaca tersebut diatas setidaknya seseorang akan tumbuh menjadi generasi yang siap bersaing sesuai bidang dan karier yang diinginkan percaya diri juga kuat dalam keimanan.

Subscribe to receive free email updates: