Situs Belajar Online Guru dan Siswa Semua jenjang SD, SMP dan SMA. Sudah tahu belum ?

Era digital memang begitu cepat berkembang. Merubah hal - hal konvensional menjadi hal baru yang serba digital. Tidak terkecuali dengan buku sebagai penunjang dimensi pendidikan. 

Hampir semua guru dan siswa saat ini sudah menggunakan perangkat seluler yang terhubung dengan internet. Sebagain besar bahkan sudah memiliki perangkat komputer sebagai salah satu perangkat pembelajaran mereka baik di sekolah maupun dirumah.

Mengikuti perkembangan tersebut diciptakanlah buku - buku dengan format digital yang selanjutnya disebut e-book. E-book sendiri dibuat dengan berbagai macam format misalnya : pdf, gambar (jpg), docx, OPF FlipBook (mirip seperti buku). Dan kita dapat dengan leluasa membacanya kapan saja dimana saja.

Tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar hanya karena tidak memiliki buku, karena buku - buku pelajaran saat ini sudah dapat diunduh secara gratis. Tidak hanya buku pelajaran berupa paket, akan tetapi juga buku - buku referensi lainnya dan komik pendidikan.

Berikut adalah situs - situs penyedia buku - buku paket pelajaran sekolah:
  1. Ekosistem Perbukuan Sekolah :
    Situs Buku Digital
    Halaman BSE Kemdikbud
    Merupakan situs penyedia buku - buku pelajaran milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku pelajaran mulai dari PAUD sampai jenjang SMA/SMK tersedia disini dan dapat diunduh secara gratis. Kita tinggal registrasi dan mengisi formulir yang tersedia lalu login dan kita sudah dapat menggunakannya untuk memilih buku sesuai kebutuhan. Buku - buku yang tersedia pada situs ini antara lain : Buku Teks Pelajaran dari semua jenjang (PAUD, SD, SMP, SMA), Buku Teks Peminatan (SMA kelas 10, 11, 12) dan Buku Non Teks Pelajaran. Dan kalau kita tidak ingin mengunduhnya kita juga dapat membacanya langsung dihalaman tersebut. Bagi kamu yang ingin akses situs tersebut linknya ada disini.
  2. Buku Sekolah Digital 
    Situs Buku Digital
    Halaman BSD
Sama seperti situs BSE situs ini juga menyediakan buku - buku pelajaran dalam format digital. Akan tetapi pada situs ini sudah dilengkapi dengan fitur lain yang mendukung misalnya ada Video Tutorial, Komik Pendidikan, Artikel Berita dan Soal Tryout Online. 

Yang membedakan dengan situs Kemdikbud adalah disini fiturnya tidak semua gratis, akan tetapi ada beberapa versi yang berbayar. Akan tetapi dari versi gratisnya kita sudah dapat banyak belajar. Dan untuk komik pendidikannya juga sangat banyak, cocok untuk bacaan anak - anak usia sekolah jenjang dasar.

Dan yang perlu diketahui adalah disini tidak hanya buku - buku pelajaran untuk siswa saja yang disediakan, akan tetapi juga buku - buku pedoman guru untuk mengajar termasuk referensinya.

Dengan dua situs tersebut saya rasa cukup untuk belajar mandiri secara online melalui perangkat yang dimiliki. Dan perlu diketahui juga bahwa kedua situs tersebut dapat diakses melalui HP android. Penggunaannya juga cukup gampang tanpa registrasi pun kalian sudah dapat membaca atau mengunduh buku yang kalian inginkan. 

Subscribe to receive free email updates: