Hal Yang Perlu Diketahui Pada Update e-Rapor 2.0


Hal Yang Perlu Diketahui Pada Update e-Rapor 2.0 - Memenuhi perkembangan dan menyesuaikan kondisi real di sekolah, maka aplikasi e-Rapor terus melakukan update dengan memperbarui fitur - fiturnya. 

Hal Yang Perlu Diketahui Pada Update e-Rapor 2.0
Tampilan Halaman Login Versi 2.0


Yang perlu diingat juga bahwa e-Rapor harus terinstal didalam perangkat yang terinstall Dapodik, setidaknya sampai saat ini. Kemudian mengharuskan semua pengisian data di aplikasi Dapodik sudah selesai dengan benar.

Pada versi 2.0 ini tersedia dalam dua pilihan yaitu :
1. Bagi yang sudah menggunakan versi sebelumnya yaitu 1.2 maka tinggal menggunakan updater
2. Selanjutnya bagi yang menggunakan baru pertama kali maka bisa memilih opsi installer.

Bagi teman - teman yang baru menggunakan e-Rapor untuk pertma kali disarankan membaca buku panduannya terlebih dahulu dengan cermat. Selain itu juga bisa mengikuti diskusi maya melalui group Telegram. Untuk link group Telegram teman - teman dapat membuka kembali tulisan sebelumnya yang berjudul : Link Penting Group Telegram Yang Harus Diketahui Operator Terkait Pendataan 

Dari keterangan yang disampaikan dalam group telegram disampaikan bahwa dalam versi 2.0 ini memiliki perubahan dan penyesuaian sebagai berikut : 


Pertama, 
untuk update dari versi 1.2 ke versi 2.0, maka port tetap 2679 untuk localhost, dan 3679 untuk diakses oleh client. Ini artinya tidak mengalami perubahan untuk port yang diakses. Menggunakan port yang berbeda dengan tujuan untuk memperlancar akses aplikasi e-Rapor baik oleh Admin maupun Guru sebagai client akses.

Kedua, 
Akan muncul pop-up link ke web http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Ketiga,
Kelompok mapel 10 - Muatan Sekolah dapat masuk atau ditarik ke e-Rapor versi 2.0. Ini merupakan perbaikan dari fitur sebelumnya yang belum dapat memasukkan kelompok mapel 10 ini.

Keempat,
Setelah melakukan restore pada versi 2.0, maka Admin harus melakukan Atur Pembelajaran di menu Data Referensi Lokal kemudian menu Atur Pembelajaran. Maka jangan kaget jika setelah melakukan update dari versi 1.2 ke versi 2.0 semua pembelajaran yang sudah teman - teman atur menjadi kembali seperti awal lagi. Tinggal sesuaikan sebagaimana kita atur pada versi 1.2.

Kelima,
Dalam e-Rapor versi 2.0 ada tambahan fitur yakni wewenang guru BK sebagai pembimbing dan guru BK sebagai guru mata pelajaran. Jadi apabila jenis PTK tersebut sebagai Guru BK dan mendapat tugas mengajar mapel lain, maka guru tersebut akan mempunyai 2 (dua) akses di e-Rapor, yakni akses sebagai Guru BK dan akses sebagai Guru Mapel dengan username yang berbeda. Akan tetapi hal ini hanya diberlakukan pada PTK dengan jenis PTK sebagai Guru BK.

Selanjutnya sekedar mengingatkan agar teman - teman sering melakukan backup data menggunakan fasilitas backup dan restore yang terdapat pada aplikasi. Hal ini kita lakukan untuk mengindari kemungkinan terjadinya hal - hal terburuk yang dapat terjadi, semisal kerusakan aplikasi sampai kerusakan perangkat yang terinstall e-Rapor tersebut.

Dalam proses backup sendiri silahkan memilih media penyimpanan terpercaya milik teman - teman. Saya sendir biasanya menggunakan beberapa media penyimpanan baik yang portable sampai cloud drive.

Sedangkan untuk mengunduh baik updater maupun installer e-Rapor teman - teman dapat mengunjungi link berikut : Download e-Rapor Lengkap Semua Versi 

Demikian hal yang perlu diketahui pada update e-Rapor versi 2.0. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam menyebutkan istilah maupun kesalahan dalam penyampaian.

Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: