Lancar Work From Home (WFH), Ini Cara Mengatasi Laptop Lemot di Rumah

Lancar Work From Home (WFH), Ini Cara Mengatasi Laptop Lemot di Rumah - Pandemi covid 19 memang membuat banyak aktivitas terhenti atau berubah. Salah satunya adalah pola kerja yang biasanya di kantor menjadi bekerja di rumah atau dengan istilah WFH, Work From Home. Meski terdengar lebih santai, nyatanya bekerja dari rumah tetaplah ribet dan butuh persiapan lebih. Terutama perangkat yang digunakan seperti laptop atau komputer. Sayangnya selama ini ketika menggunakan laptop terlalu lama, kendala yang sering terjadi adalah lemot. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop lemot ?


Lancar Work From Home (WFH), Ini Cara Mengatasi Laptop Lemot di Rumah


Terutama jika Anda berada di rumah dan tidak ada bantuan untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan agar laptop kembali berfungsi normal. Salah satu penyebab mengapa laptop menjadi lemot adalah karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan. Hal ini membuat laptop bekerja lebih keras dalam waktu yang lama.

4 Cara Mengatasi Laptop Lemot di Rumah

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pernahkah Anda menginstall aplikasi yang cukup banyak tetapi hanya sekali pakai? Jika iya, silakan cek kembali dan uninstall apabila tidak diperlukan atau tidak digunakan lagi. Aplikasi-aplikasi ini memakan memori pada laptop dan membuat kapasitas penyimpanannya penuh terutama jika diletakkan di Drive C. Pilih aplikasi yang penting dan dibutuhkan saja, unsintall yang tidak Anda gunakan.

2. Gunakan Antivirus

Cara mengatasi laptop lemot di rumah berikutnya cukup mudah. Gunakan antivirus karena mampu menyaring virus yang menginfeksi laptop Anda. Virus bisa membuat performa laptop jadi menurun bahkan lemot. Jika virus tersebut tidak diatasi maka bisa membuat data-data penting Anda jadi hilang. Gunakan antivirus, scan dan tunggu hasilnya. Bila perlu, restart agar laptop kembali kepada performa awal.

3. Menambah Kapasitas RAM

Cara yang satu ini disarankan untuk mereka yang memang memiliki banyak data yang harus disimpan. Ketahui berapa kapasitas RAM yang Anda miliki dan berapa yang mampu dioperasikan. Meski cara ini terbilang mengeluarkan banyak uang tetapi cukup ampuh mengatasi laptop lemot karena banyaknya data yang harus disimpan. Tambah kapasitas RAM apabila ukuran RAM pada laptop Anda terbilang sedikit.

4. Bersihkan Desktop

Kebiasaan pengguna laptop pada umumnya adalah memberi shortcut di desktop untuk memudahkan mereka dalam membuka aplikasi. Padahal cara ini bisa menjadi penyebab laptop lemot. Sebaiknya tidak terlalu banyak aplikasi yang Anda jadikan shortcut di desktop laptop. Aplikasi ini bisa jadi working in background yang ternyata juga memakan kapasitas RAM. Jadi, cara mengatasi laptop lemot paling mudah adalah meminimalkan shortcut di desktop. Menghapus shortcut di desktop tidak akan mempengaruhi kinerja aplikasi akan tetapi justru dapat menghemat space sistem dan meningkatkan kinerja RAM perangkat kita.

Laptop sudah menjadi perangkat penting dan paling dibutuhkan untuk mereka para pekerja kantoran. Kondisi WFH yang mengharuskan kita selalu stand by di depan laptop membuat keberadaannya benar-benar dibutuhkan. Cara mengatasi laptop lemot ini akan membantu Anda bekerja lebih maksimal dan lancar meski dari rumah.

Ini sangat penting apalagi bagi kita sebagai pendidik agar pembelajaran kita menjadi lancar tanpa kendala. Hal - hal tersebut diatas dapat anda lakukan secara berkala setiap merasa kondisi peragkat laptop kita sudah menurun kinerjanya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot agar aktifitas WFH kita lancar. 


Subscribe to receive free email updates: