Langkah Dan Cara Verifikasi Akun PTK Pada Dapodik 2021

Langkah Dan Cara Verifikasi Akun PTK Pada Dapodik 2021

Setelah release dapodik versi terbaru tahun 2020 dengan versi 2021 maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan karena perubahan yang dilakukan pada versi ini. Untuk jenis perubahan / pembaruan yang ada pada versi ini sudah saya tuliskan pada tulisan sebelumnnya yang berjudul : Informasi Pembaruan Dapodik 2021 Tentang PPDB, KTSP, GTK Baru, Cleansing Pengguna, Verifikasi Email dan Kuncian Form S1 teman - teman dapat membacanya kembali jika dirasa perlu.

Langkah Dan Cara Verifikasi Akun PTK Pada Dapodik 2021



Pada tulisan kali ini saya akan fokus pada pembahasan langkah dan cara verifikasi akun PTK yang pada versi ini dilakukan cleansing dari server pusat.

Sebagai langkah awal dalam tahap verifikasi ini pastikan sudah menyiapkan sebuah akun email aktif. Karena dalam prosesnya nanti akan memerlukan konfirmasi dengan kode yang dikirimkan melalui email aktif tersebut.

Langkah Dan Cara Verifikasi Akun PTK Pada Dapodik 2021


Tidak terkecuali untuk semua akun harus dipastikan aktif baik itu akun operator maupun akun PTK (Guru).

Hal yang harus dilakukan.

Pertama Verifikasi Akun Operator Sekolah / Satuan Pendidikan
Sebelum melakukan verifikasi akun PTK maka langkah pertama adalah memverifikasi email akun operator terlebih dahulu. Verifikasi ini dilakukan saat pertama kali login ke dalam managemen dapodik. Isikan email aktif yang digunakan sebagai akun login operator sekolah (basanya email sekolah).\
Setelah kita masukkan email aktif maka nanti akan dikirimkan kode verifikasi ke almat email kita tersebut untuk dimasukkan kode ke aplikasi di managemen. Dan jika sudah kita masukkan denan benar maka akun kita akan terverifikasi sehingga dapat kita gunakan untuk login ke managemen.

Seperti biasa di managemen dapodik ini nanti kita dapat melakukan hal - hal diantaranya : Proses tarik PD dan verifikasi akun PTK ini tentunya.

Baik, sekarang kita mulai proses verifikasinya.

Verifikasi dari Operator Sekolah
  1. Login dengan akun SSO Dapodik pada alamat berikut http://sp.datadik.kemdikbud.go.id 
  2. Setelah melewati autentikasi berhasil login pilih Menu Akun 
  3. Pilih daftar aku jenis akun PTK lanjut klik Tampilkan 
  4. Scrol ke bawah, mulailah pilih satu PTK (data akun siapkan dulu) dan klik icon pensil di sisi kanan 
  5. Isikan email aktif dan password yg dikehendaki, pastikan menyimpan username dan password tadi untuk kepentingan backup dan arsip lalu klik update untuk mengakhiri dan menyimpan perubahan. 
  6. Lanjutkan langkah di atas pada setiap PTK ke PTK yang lain sampai selesai sejumlah PTK yang menginduk pada satuan pendidikan teman - teman. 
  7. Sampai pada langkah ini kita suda berhasil mengupdate akun PTK di sekolah kita, namun ha ini belum selesai, masih memerlukan tahap verifikasi lagi melalui akun PTK secara langsung untuk memastikan email yang dimasukkan tadi aktif dan dapat menerima kode verifikasi. Maka selanjutnya kita lanjutkan dari sisi PTK. 

Verifikasi dari PTK

Selanjutnya dari sisi PTK silahkan lakukan hal sebagai berikut :
  1. Kunjungi dan login di http://ptk.datadik.kemdikbud.go.id dengan akun PTK sesuai yang telah di update di http://sp.datadik.kemdikbud.go.id tadi.
  2. Setelah melewati autentikasi dan berhasil login pilih menu biodata
  3. Pada tampilan utuh biodata seharusnya ada pilihan akun. Untuk mengindari terjadinya error dan tidak tampilnya halaman sesuai harapan disarankan untuk melakukan hal ini dengan menggunakan laptop / PC jangan menggunakan HP.
  4. Selanjutnya klik akun > klik verifikasi sekarang > setelah yakin email yg tampil aktif maka klik lanjutkan.
  5. Saat klik lanjutkan maka akan ada kode verifikasi terkirim ke email aktif yang diisikan. Sekarang cek email sesuai pada isian. Pastikan sudah ada email kode verifikasi dari dapodik.
  6. Isikan kode verifikasinya di isian akun lalu klik simpan.

Hasil 

Setelah kedua langkah tersebut di atas maka pada kolom verifikasi akun di portal sp.datadik tepatnya pada akun PTK akan berubah jadi sudah, artinya kita suah berhasil memverifikasi akun PTK dengan benar.

Demikian terkait Langkah Dan Cara Verifikasi Akun PTK Pada Dapodik 2021 semoga bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: