Hal Yang Dapat Menyebabkan Mood Belajar Menjadi Buruk Beserta Solusinya

Hal Yang Dapat Menyebabkan Mood Belajar  Menjadi Buruk Beserta Solusinya

Mood Swing merupakan perasaan dimana detik ini anda merasa bahagia tetapi selang beberapa waktu setelahnya anda merasa sangat kacau, sedih atau bahkan sampai emosi yang seolah tidak dapat dibendung. Tentu semua orang pasti pernah mengalaminya, entah pria atau wanita dari muda sampai yang tua tanpa memandang jenis profesi, status dan lain sebagainya. Tidak terkecuali pelajar dan guru sebagai pendidiknya. Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab bad mood tersebut pada secara umum.
Hal Yang Dapat Menyebabkan Mood Belajar  Menjadi Buruk Beserta Solusinya



Sebagian orang, mengontrol Mood menjadi hal yang paling sulit karena tidak ada rumus pasti untuk dapat memecahkan masalah kondisi tubuh maupun hati. Beberapa orang punya cara masing masing untuk mengembalikan Mood, sebagai contoh jalan-jalan atau membeli sesuatu yang dapat mengembalikan Mood itu sendiri.

Mood Swing atau perubahan suasana hati dapat dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan yang positif serta melakukan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa yang dapat menjadikan Mood kita menjadi buruk; 


Perkataan yang menyinggung

Walaupun anda adalah seorang yang acuh atau tidak terlalu memperdulikan perkataan orang lain, pasti anda pernah mengalami merasa tersinggung akan perkataan tersebut. Apalagi jika perkataan itu bersifat negatif, mungkin rasa bad mood akan langsung menyerang diri anda.  Padahal perkataaan tersebut berasal dari teman sekelas kita misalnya. 

Solusi : Selalu berfikiran positif pada siapapun termasuk teman sekitar anda, hilangkan segala prasangka negatif kepada siapapun dan dimanapun.


Lelah dan kurang tidur

Sebenarnya, rasa lelah terjadi akibat berbagai faktor seperti stres karena pekerjaan dan  diet yang mungkin malah menggangu kesehatan tubuh. Disisi lain, kurang tidur juga menjadi gejala gangguan stres dan depresi.
Bila keduanya terjadi secara terus menerus, tentu akan menggangu kondisi mental maupun fisik yang akan menjadikan diri anda kurang nyaman dalam beraktivitas sehari - hari nya.

Solusi : Sebagian banyak dari kita memilih lembur sampai malam lalu bangun kesiangan dengan kondisi kelelahan, jadi menurut saya lebih baik membuat jadwal tidur pada jam tertentu lalu bangun lebih awal, ini akan lebih baik. Stamina juga akan selalu terjaga seingga dapat mengawali hari dengan lebih fresh.


Menstruasi (khusus wanita)

Selain lelah dan kurang tidur, menstruasi juga menjadi penyebab Mood seseorang terutama kaum wanita menjadi buruk. Karena pada saat menstruasi kadar hormon progesteron dan estrogen didalam tubuh tidak seimbang menjadikan para wanita sering bad mood.

Solusi : Meskipun hal berikut bersifat hormonal dan berbeda secara masing - masing, akan tetapi dapat disiasati dengan mengurangi terlebih dahulu aktifitas fisik. Gunakan energi sehemat mungkin untuk aktifitas ringan saja.


Lapar

Lapar juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan Mood kita menjadi buruk, karena kadar glukosa didalam tubuh kita menurun dan menyebabkan seseorang mudah marah.

Solusi : Disiplin dalam hal makan juga merupakan solusi untuk selalu menjaga mood belajar kita. Usahakan untuk selalu sarapan pagi dengan makanan yang sehat dan bernutrisi. Jika memang anda orang yang tidak biasa tertib makan, coba siasati dengan berpuasa, ini akan lebih baik dari pada membiarkan kebiasaan makan dengan tida teratur.

Nah, dengan mengatahui beberapa penyebab bad mood tersebut tentu kita dapat dengan mudah juga mengantisipasinya dengan ha-hal sebagaimana yang dipaparkan diatas. Dengan begitu semangat belajar akan selalu terjaga dengan baik.

Realita saat ini yang sering terjadi adalah memaksakan kondisi mood yang buruk dengan melakukan hal-hal diluar keinginan dan dapat dipastikan hasil akhirnya pun akan tidak maksimal bahkan cenderung buruk atau pada bahkan gagal pada kemungkinan terburuknya.

Demikian tulisan kali ini tentang Hal Yang Dapat Menyebabkan Mood Belajar  Menjadi Buruk Beserta Solusinya , semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: