Beberapa Jenis Kecerdasan Yang Jarang Kita Ketahui

Beberapa Jenis Kecerdasan Yang Jarang Diketahui

Seringkali, kecerdasan diukur melalui kemampuan berpikir dalam hal ketrampilan matematika, ketrampilan dalam kreatifitas dan ketrampilan  lainnya. Padahal kecerdasan adalah hal unik yang dimiliki oleh setiap orang, tidak semata – mata tentang hal tersebut diatas.


Beberapa Jenis Kecerdasan Yang Jarang Kita Ketahui


Kecerdasan adalah karunia Tuhan yang tidak dapat ditukar, namun demikian ketajaman masing – masing dapat ditingkatkan dengan mengasahnya melalui latihan.

Kecerdasan juga berbeda dengan kemampuan literasi. Jika kemampuan literasi berkaitan dengan problem solving maka kecerdasan ini tentang hal unik yang bersifat pribadi.

Sesorang mungkin memiliki kecerdasan pada hal tertentu, akan tetapi mungkin tidak dalam hal lain. Sedangkan kemampuan literasi adalah kemampuan menyelesaikan maslah dengan cara mereka sendiri dengan hasil yang sama.

Menurut ahli psikologi Dr. Howard Gardner tokoh asal Amerika mengatakan bahwa kecerdasan mempunyai banyak macamnya yaitu sekitar delapan macam. Sehingga Dr. Howard Gardner menyebutnya dengan sebutan Multiple Intelligence atau kecerdasan majemuk.

Delapan kecerdasan yang dicetuskan oleh Dr. Howard Gardner itu meliputi banyak hal dan bukan hanya sekedar keterampilan, melainkan kecerdasan yang berhubungan dengan berbagai hal lain.

Ahli psikologi asal Amerika itu juga mengatakan bahwa kecerdasan itu mencerminkan cara berinteraksi manusia dengan dunia dan setiap manusia memiliki keunikan tersendiri atas kecerdasan tersebut.


Delapan jenis kecerdasan menurut Dr. Howard Gardner yaitu;

Kecerdasan musikal 
Yaitu kepekaan seseorang terhadap melodi, irama, titinada dan nada dalam sebuah pagelaran musik. Orang yang biasanya menunjukkan kecerdasan ini adalah seorang dirigen, musisi, pengarang musik dan pendengar musik.

Kecerdasan Bahasa atau linguistik
Yaitu kemampuan berfikir dalam menggunakan kata kata dan menggunakan bahasa untuk mengungkapkan, mengapresiasi serta menilai makna tersebut.  Pekerjaan dibidang ini adalah seorang penulis, penyair, pembicara dan lainnya.

Kecerdasan logika atau matematikan
Yaitu kemampuan dalam menghitung, mengukur, mempertimbangkan serta menyelesaikan operasi matematika dengan logika. Orang yang ahli disini disebut ilmuan, ahli matematika, akuntan, dan lainnya.

Kecerdasan Intrapersonal
Yaitu kemampuan membangun anggapan pada seseorang dan menggunakan pengetahuan untuk merencanakan dan mengarahkan hidup seseorang. Orangnya sering disebut teolog, psikologi dan filsuf.

Kecerdasan Interpersonal
Yaitu kemampuan memahami orang dan bisa membina hubungan yang efektif dengan orang lain. Biasanya ditunjukkan oleh guru, pegawai, actor, politisi dan lainnya.

Kecerdasan spasial atau Visual
Yaitu kemampuan mengubah aspek aspek dunia serta  menciptakan kembali dunia secara akurat. Oarang dalam keahlian ini disebut pelaut, pilot, pelukis, dan arsitek.

Kecerdasan kinestetik
Yaitu kemampuan seseorang dalam menggunakan tubuh dengan kreatifitas dan memegang objek dengan terampil. Kemampuan ini ditunjukkan oleh para atlet, penari, ahli bedah dan lain sebagainya.

Kecerdasan Naturalis atau alam 
Yaitu kemampuan dalam hal mengenali  serta mengklasifikasi berbagai hal yang ada didunia  mulai dari benda hidup maupun mati. Orang yang menunjukkan kemampuan ini biasanyya ahli biologi, pecinta alam, penjajah alam dan lain lain. 

Dengan mengetahui hal diatas diharapkan kita tidak salah dalam menyikapi kondisi anak ataupun peserta didik kita. Setiap orang memiliki keunikan masing - masing dalam hal kecerdasan ini, tinggal bagaimana kita mampu memberikan stimulus dan menemukan keunikan tersebut pada diri anak didik kita. 

Keluarga juga menjadi titik awal dalam hal menemukan kecerdasan personal tersebut, dengan begitu akan diarahkan ke mana anak kita nantinya dalam study. Ini menjadi sangat penting mengingat potensi yang baik jika tidak berada pada jalur yang benar maka akan sia - sia, begitu kira - kira.

Demikian ulasan singkat tentang Jenis Kecerdasan Yang Jarang Kita Ketahui. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: