Contoh Bentuk Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Di Sekolah

Contoh Bentuk Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Di Sekolah - Mengikuti perkembangan teknologi, sungguh dunia pendidikan sebenarnya memiliki peluang sekaligus tantangan yang besar dalam fungsinya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Contoh Bentuk Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Di Sekolah

Peluang Kemajuan Teknologi

Peluangnya adalah kemajuan teknologi mempermudah akses informasi, mengatasi jarak dan waktu pembelajaran yang kaku pada lingkungan sekolah. Mendukung tenaga pendidik untuk mengeksplore potensi siswa dengan kreatifitas yang dimiliki. Memberikan visualisasi yang lebih nyata kepada siswa dalam menggambarkan materi yang diajarkan.

Tantangan Kemajuan Teknologi

Namun demikian kemajuan teknologi juga bukan merupakan hal yang mudah untuk dihadapi dalam dunia pendidikan. Terbukanya kran informasi yang tanpa filter tentu akan memberikan efek yang tidak baik kepada anak.

Peran Pendidik

Nah disinilah peran kelompok dunia pendidikan memberikan pembelajaran pemanfaatan teknologi yang tidak hanya baik dan benar tetapi juga bermanfaat dan mengindahkan norma dan aturan yang telah ditetapkan, tidak melanggar UU ITE yang saat ini sudah diberlakukan.

Lebih jauh edukasi ini bukan hanya dalam hal pemanfaatan informasi, akan tetapi juga dalam menciptakan dan mempublikasikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara konten dan kevalidan sumbernya.

Dan pada artikel kali ini secara khusus akan memberikan gambaran apa saja pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran secara umum yang meliputi penggunaan perangkat multimedia baik berupa hardware maupun software.

Bentuk pemanfaatan multimedia dalam proses pembelajaran di sekolah antara lain berupa hal - hal berikut ini : 

Pemanfaatan Multimedia Sebagai Media Presentasi

Ini adalah bentuk pemanfaatan multimedia paling dasar. Sebagai media presentasi artinya pendidik menggunakannya untuk menyampaikan materi - materi pembelajaran yang bersifat teoritis dan klasikal. Bedanya disini siswa akan mendapatkan visualisasi yang lebih nyata dari gambar - gambar yang dapat ditampilkan melalui perangkat komputer dan proyektor bahkan disertai animasi gambar sesuai kreatifitas pendidik.

Pemanfaatan Multimedia Interaktif

Jika memungkinkan dapat juga diterapkan model pembelajaran yang mana antara guru sebagai pendidik berinteraksi dengan siswa melalui media dan software yang dikembangkan di laboratorium bahasa misalnya. Sebagai contoh ketika guru menjelaskan materi tentang puisi, maka selain teori yang dijelaskan maka dapat diberikan contoh melalui perangkat audio visual yang tersedia. Selanjutnya siswa dapat menanggapi dengan berinteraksi secara individu masing - masing siswa kepada guru dalam sebuah tugas.
Keuntungan dari model ini antara lain adalah : meningkatkan motivasi siswa dalam belajar secara interaktif.

Pemanfaatan Multimedia Dengan Model Simulasi

Pada model pembelajaran ini maka siswa dapat menerapkan teori yang didaatkan dari guru untuk mempraktekkan menggunakan media yang ada (komputer) dan software yang relevan untuk melatih keterampilan mereka pada pelajaran yang diajarkan. Sebagai contoh penerapan model pembelajaran ini adalah penyelesaian tugas penulisan surat menyurat dengan menggunakan microsoft office word, pembuatan aplikasi sederhana, pembuatan buletin dan lain - lain.

Pemanfaatan Multimedia Melalui Video Pembelajaran

Pengggunaan video pembelajaran ini biasanya berupa tutorial pembimbingan untuk memperdalam dan memahami materi yang sudah dijelaskan. Guru dapat membuat dengan cara per bab atau bagian secara urut agar lebih mudah dipahami siswa. Video ini juga dapat berupa cara membuat sebuah projek atau sekedar penjelasan singkat yang disertai contoh.

Pemanfaatan Multimedia Dengan Model Permainan

Untuk menggunakan model ini guru dituntut menguasai keterampilan khusus dalam pembuatan game - game pendidikan dengan program yang tersedia. Model pembelajaran dengan permainan ini dapat dirancang menyesuaikan usia agar relevan.

Intinya adalah kemajuan teknologi yang cepat menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Karena metode pengajaran klasik dirasa sudah tidak lagi relevan, siswa cenderung lebih suka didorong untuk belajar interaktif dan mandiri melalui perangkat yang teredia disekitar mereka.

Demikian artkel tentang Contoh Bentuk Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Di Sekolah semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam menyebutkan kata dan istilah. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: