Kreasi Sampul Buku Tulis dan Pensil Hias untuk Anak Sekolah Dasar (SD)




Kreasi Sampul Buku Tulis dan Pensil Hias untuk Anak  Sekolah Dasar (SD) - Awal tahun pelajaran merupakan waktu bagi para pelajar untuk menyiapkan peralatan belajarnya dengan maksimal. Karena dengan kita mempersiapan diri sedini dan semaksimal mungkin akan sangat berpengaruh dalam semangat belajar anak kedepannya. 





Alat tulis tidak harus beli yang mahal dan  bermerk, cukup mencari yang standar saja karena dengan begitu kita bisa berhemat toh fungsinya pun juga  sama. 





Bagi  anak – anak kita yang usia Sekolah Dasar (SD), alat tulis akan lebih menarik kalau kita bisa menyiasatinya. Contohnya sampul buku tulis dengan kertas perca, kertas kado, kertas payung  dan kreasi pensil dengan bulu kemoceng ataupun kain flanel.







Nah, disini saya akan memberikan beberapa contoh yang mungkin bisa dijadikan referensi dalam berkarya yaitu berkreasi dengan sampul buku dan kreasi dengan pensil hias.





Kreasi Sampul Buku Tulis








Kreasi Sampul Buku Tulis dan Pensil Hias untuk Anak  Sekolah Dasar (SD)
Contoh Kreasi Sampul Buku








Sampul buku tulis sangatlah beragam. Berbagai pilihan model, warna, maupun bahan banyak dijual di toko – toko. Akan tetapi, jika kita menginginkan yang beda kita bisa membuatnya sendiri, dengan bahan – bahan yang sudah tersedia  di rumah tentunya. Mari simak langah – langkah berikut ini.





Bahan dan Alat






1. Buku tulis yang akan disampul


2. Kertas krep warna – warni, kertas kado atau kertas payung


3. Sampul buku plastik


4. Label nama


5. Isolasi


6. Gunting / cuter





Cara membuatnya








  1. Siapkan buku tulis yang mau diberikan sampul, potong kertas krep warna – warni, kertas kado atau kertas payung sesuai ukuran buku. Kemudian sampulkan ke buku dengan cara seperti biasa kita menyampul buku.

  2. Sebelum diberi sampul plastik, jangan lupa diberikan kertas label dipermukaan buku yang berisikan mana, kelas, jenis mapel si pemilik buku.

  3. Setelah itu baru diberikan sampul plastik.

  4. Ketika ada sisa – sisa guntingan kertas sampul yang beraneka warna yang saya disini menyebutnya dengan kertas perca, jangan buru – buru dibuang. Ambil kertas tanggalan bekas, gunting sesuai ukuran sampul buku kemudian tempelkan sisa – sisa guntingan kertas sampul ke bagian tanggalan yang putih. Kemudian sampulkan ke buku tulis dengan cara seperti diatas.

  5. Nah sekarang kita tidak hanya punya buku yang sampulnya sama tapi kita juga bisa mendapatkan sampul buku kertas perca.





Ketika anak - anak kita mempunyai sampul buku yang berbeda dengan temannya, apalagi itu buatan sendiri maka akan lebih menarik dan menambah semangat dalam belajar. Bagimana Bunda mudah, murah dan tentunya beda bukan ? Yuk langsung praktek !











Kreasi Pensil








Kreasi Sampul Buku Tulis dan Pensil Hias untuk Anak  Sekolah Dasar (SD)
Contoh Kreasi Pensil Hias





Seperti halnya buku, pensil bisa dihias juga Bunda. Tidak hanya bentuknya polos, tapi bisa dikreasi  atau diberi hiasan agar unik dan beda tentunya.



Bahan dan Alat






1. Pensil yang akan dihias


2. Bulu kemoceng


3. Kain fanel


4. Manik – manik


5. Lem tembak


6. Gunting 





Cara membuatnya :





  1. Ambil beberapa helai bulu kemoceng tempelkan dibagian ujung pensil, kemudian tutuplah bagian yang dilem dengan menggunakan kain fanel.

  2. Berilah pita atau manik – manik pada kain fenel sebagi pemanis.

  3. Selain menggunakan bulu kemoceng, Bunda bisa juga menggunakan full kain fanel. Bisa dibuat bentuk menyerupai permen lolipop, buah – buahan, bunga, tokoh – tokoh cartoon kesayangan anak ataupun menyerupai es cream seperti tampak pada gambar diatas.





Berhemat adalah hal yang perlu kita tanamkan kepada anak – anak sejak dini, dan salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua adalah melatih anak untuk merawat peralatan sekolah yang dimiliki dan membeli sesuatu yang standar, seperlunya dengan harga yang relatif murah, lalu kita ajak anak untuk berkreasi dengan peralatan yang standar tadi agar dapat tampil lebih menarik.





Sambil menyelam minum air, sementara kita bisa berhemat anggaran. Kita juga bisa melatih kreatifitas anak melalui karya - karya tersebut.





Demikian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: