Artikel dan Berita Bagian 3, Pengertian dan Metode Penulisan Artikel Lepas


Pengertian dan metode  penulisan artikel lepas – Tulisan berikut merupakan lanjutan dari ulasan saya dalam topic penulisan artikel dan berita. Jika pada bagian 1 sudah kita bahas bagaimana membuat berita, teknik dancara mencari berita. Lalu pada bagian 2 bagaimana mencari sumber berita, maka pada tulisan kali ini saya akan coba ulas apa dan bagaimana cara penulisan artikel.

Pengertian dan Metode Penulisan Artikel Lepas


Tulisan berikut sekaligus memberikan pengetahuan bahwa artikel dan berita adalah dua hal yang berbeda secara konsep dan prinsip serta teknik penulisannya.

Pengertian Artikel

JIka berita mempunyai syarat up to date dan akan tenggelam dengan adanya berita baru, maka artikel seharusnya tidak seperti itu. Artikel lebih berupa pendapat seseorang terhadap suatu topic tertentu, meskipun sifatnya sama – sama actual seperti berita. Artikel ini bersifat informatif artinya memberikan pengetahuan yang benar sesuai disiplin illmu yang dimiliki oleh orang tersebut, meyakinkan dan menghibur secara cerdas pembacanya.
Artikel juga bersifat lepas artinya siapa saja dapat menulis nya, akan tetapi artikel yang berkualitas tentunya hanya ditulis oleh orang yang berkompeten dalam topic tersebut. Gaya penulisan artikel dapat bermacam – macam sesuai dengan gaya penulisan si ahli tersebut.

Jenis Penulisan Artikel

Jenis tulisan artikel ini dapat kita jumpai pada salah satu halaman pada surat kabar dan majalah pada halaman opini atau ditulis dalam halaman sebuah blog sebagaimana tulisan ini. Jika dalam berita surat kabar meliputi berita utama (news), opini (views) dan halaman iklan (advertising).
Maka pada artikel ini masuk dalam bagain opini yang meliputi tajuk rencana atau editorial, karikatur, pojok, artikel, kolom dan surat pembaca yang ditempatkan dalam satu halaman khusus. Inilah yang disebut halam opini (opinion page).
Pemisahan secara tegas berita dan opini merupakan konsekuensi dari norma dan etika luhur jurnalistik yang tidak menghendaki berita sebagai fakta objektif, diwarnai  dengan opini sebagai pandangan yang sifatnya subjektif.

Struktur Penulisan Artikel

Meskipun artikel memiliki sifat tulisan lepas, akan tetapi setidaknya harus memenuhi struktur yang terdiri dari :
  1. Judul, biasanya mengambil topic yang hangat dan ramai di perbincangkan.
  2. Alinea pembuka (lead), terdiri dari hal – hal pengatar sebelum pembahasan lebih mendalam suatu topic.
  3. Alinea penjelas (batang tubuh), merupakan pokok dari artikel itu sendiri yang berisi pendapat dan informasi terkait hal yang sedang di bahas.
  4. Alinea penutup (ending), berupa simpulan dari pembahasan disertai beberapa solusi jika yang di bahasa adalah suatu problema atau hal yang bersifat inspiratif.


Teknis Penulisan Artikel

Bagi teman - teman yang baru tahap awal menulis artikel mungkin cara berikut dapat diterapkan. Yang perlu menjadi catatan adalah berikut adalah tidaklah baku mungkin ada teknik menulis artikel yang lain yang juga dapat digunakan sebagai referensi.

Pemilihan Topik (Tema Artikel)

Sebenarnya pemilihan tema ini menjadi tidak penting karena pastinya yang membuat artikel mungkin adalah ahlinya itu sendiri, jadi dalam hal ini tidaklah menjadi hal utama. Yang terpenting adalah penulis sendiri memang menguasai akan topik yang akan ditulis.

Pemilihan Judul

Pemilihan judul tentu juga memakai kaidah bahwa judul yang akan dibahas nyambung dengan topik dan disiplin ilmu yang membuat artikel itu sendiri, sehingga akan menarik dan mencerminkan tulisan yang kredibel.

Penyusunan Alinea Pertama

Dalam membuat artikel, sebelum membahas secara jauh sebaiknya diberikan pengantar yang berupa satu dua alinea yang memberi gambaran kemana dan apa yang akan dibahas pada artikel terebut sehingga pembaca dapat mengikuti alur pemikiran anda.

Buat Alinea Penjelas

Alinea penjelas merupakan pokok pembahasan dari topik yang dipilih. Disinilah penulis memberikan informasi sekaligus mengemukakan ide dan gagasan yang dimiliki terkait hal tersebut. Penggunaan bahasa akan berpengaruh disini, karena pembaca akan dapat menilai anda dari gaya bahasa dan penulisan anda.
Setidaknya dalam hal ini penulis artikel harus mempperhatikan du hal yaitu : 
  1. Format penulisan
  2. Gaya bahasa penulisan

Penggunaan Data Referensi

Penulis artikel yang baik adalah yang mengungkapkan pendapat sesuai dengan fakta yang ada. Jadi jangan sampai salah dalam mengungkapkan fakta, karena ini menyangkut kredibiltas juga bagi penulis.

Simpulan dan Penutup

Sampaikan kalimat simpulan dari pembahasan topik yang diangkat, dan jika memang anda orang yang berkompeten jangan sungkan untuk menawarkan solusi sebagai tindak lanjut dari hal yang dibahas tadi.

Dan jangan lupa karena tulisan anda adalah tulisan lepas, berikan ruang bagi pembaca untuk berrdiskusi mengemukakan pendapat mereka juga. Hal ini sebagai penyeimbang bahwa anda adalah orang yang mau juga dikritik dan terbuka diajak berdiskusi saling mengemukakan pendapat dalam topik yang sama. Bukan pembenaran atas pendapat pribadi dan harus diiyakan oleh pembaca anda.

Baiklah, demikian sedikit ulasan saya terkait Pengertian dan metode  penulisan artikel lepas semoga bermanfaat.

Mohon maaf apabila dalam tulisan berikut terdapat kekeliruan dalam menyeutkan kata dan istilah, yang demikian adalah keterbatasan saya secara pribadi. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: